13/04/2024
13/04/2024

Aksi Berbagi Kasih TBM Palo Porong Kolidatang

 Aksi Berbagi Kasih TBM Palo Porong Kolidatang

FLOTIM-Dewannews.com|Sejatinya mereka tidak hanya dibekali dengan dengan ilmu yang mengasah kemampuan kognitif dan psikomotorik saja, tetapi mereka juga diasah dalam segi afeksi (tingkah laku) untuk semakin menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dalam perwujudan sikap solidaritas dan peduli kepada sesama. Dan bagi komunitas TBM Palo Porong Kolidatang, inilah nilai literasi sesungguhnya.

Pada hari minggu kemarin (11/02/2024), Komunitas Literasi  ‘TBM Palo Porong Kolidatang-Desa Kolaka’ melaksanakan aksi kemanusiaan untuk membantu sesama yang mengalami kesusahan. Titik kunjungan yang mereka lakukan adalah ditujuhkan kepada seorang nenek yang hidup sebatang kara (Nenek Barek/usia 80-an tahun) tepatnya di Dusun Kolidatang Desa Kolaka.

Ada beberapa hal menarik dari aksi solidaritas ini adalah, anak-anak dalam komunitas terlibat dalam aksi tersebut tanpa didampingi oleh pembinah. Pembinah hanya memberikan instruksi dan beberapa pedoman, sedangkan aksinya mereka lakukan secara mandiri di dalam kelompok.

Dan hal menarik lainnya adalah ‘buah tangan’ yang dibawah adalah hasil tabungan pribadi mereka terhadap uang jajan sekolah selama seminggu, yang mereka berikan secara sukarela untuk membantu sesama yang berkesusahan.

Berdasarkan hasil wawancara dengan founder komunitas sekaligus pembinah ‘Thomas Are, S.Pd’ menjelaskan bahwa, Kegiatan semacam ini sengaja dibudayakan dalam komunitas kami dengan tujuan menanamkan sikap peduli di dalam diri anak (anggota Komunitas) sejak dini agar mereka dapat terbiasa untuk merealisasikan sikap peduli ini dalam kehidupan setiap hari.*/Elen labina

Baca Juga:  TAKENUSA Resmi Diluncurkan di Flores Timur, Dukung Pemerintah Turunkan Angka Kematian Ibu
error: Content is protected !!