22/02/2024
22/02/2024

Antisipasi PMK, Bhabinkamtibmas Gelar Sosialisasi dan Pencegahan di Desa Sanur Kaja

 Antisipasi PMK, Bhabinkamtibmas Gelar  Sosialisasi dan Pencegahan di Desa Sanur Kaja

Dewannews.com-Denpasar. Ribuan sapi yang berada di daerah Jawa Timur mulai diserang penyakit mulut dan kuku (PMK). Penyakit ini diketahui menyerang hewan ternak berkuku genap. 

Untuk mencegah meluasnya PMK di Bali perlu dilakukan pengawasan terhadap lalu lintas hewan, pelarangan pemasukan ternak dari daerah tertular, hingga pemantauan terhadap pemotongan hewan di RPH. 

Sosialisasi dan pencegahan penyakit PMK ini dilaksanakan petugas Bhabinkamtibmas Desa Sanur Kaja, Aiptu Made Sucantra. Ia mendatangi peternak babi milik Ida Bagus Alit di Jalan Merdukomala di Br. Belong Desa Sanur Kaja, pada Senin 16 Mei 2022 sore. 

Aiptu Made Sucandra bertemu sejumlah buruh peternak Babi, Rosi asal Bondowoso. Dalam bincang-bincang, Rosi mengaku sudah bekerja sebagai buruh pemelihara ternak babi selama kurang lebih 3 Tahun. 

Baca Juga:  Anak Kos di Padangsambian Kelod Bersimbah Darah Dibacok Pakai Pedang dan Celurit

Selama bekerja, Rosi menerangkan tidak pernah menemukan ternak babinya sakit massal. Bahkan, sampai sekarang pun 14 ekor ternak babi yang dipeliharanya dalam keadaan sehat.

Diungkapkan Rosi, selama bekerja sebagai pemelihara ternak babi tidak ada warga seputaran komplain, terutama dengan limbah dan baunya. Sebab sudah mempunyai spiteng untuk penampungan kotoran ternak babi peliharaannya. 

Sementara Bhabinkamtibmas Desa Sanur Kaja Aiptu Made Sucantra menerangkan bahwa untuk mencegah penyebaran penyakit PMK pihaknya sudah turun ke lapangan. Pihaknya menghimbau ke masyarakat dan mensosialisasikan terkait gejala klinis penyakit PMK yang dapat menyerang hewan ternak. 

Dia berharap, dengan sosialisasi hingga imbauan penyakit PMK ini, apabila ada masyarakat menemukan gejala klinis pada hewan ternaknya bisa segera menghubungi perangkat desa ataupun bhabin. Agar diteruskan ke dinas Peternakan atau kesehatan hewan. 

Baca Juga:  Samakan Persepsi Wujudkan Pemilu 2024 Damai, Ditintelkam Polda Bali Jalin Silaturahmi Bersama Forkom Anies Baswedan Bali

“Supaya bisa ditindaklanjuti guna mencegah meluasnya penyakit PMK khususnya di wilayah Denpasar Selatan” ungkap Made Sucantra 

Meski demikian, Aiptu Made Sucantra mengatakan sejauh ini belum ditemukan ataupun yang melaporkan terkait tanda tanda hewan ternak yang terserang penyakit mulut dan kuku di wilayah Denpasar selatan khususnya Desa Sanur Kaja. (Tim DN)

error: Content is protected !!