24/04/2024
24/04/2024

Capreskan Anies, Sujanayasa : Kemenangan Bagi NasDem dan Pluralis

 Capreskan Anies, Sujanayasa : Kemenangan Bagi NasDem dan Pluralis

I Kadek Sujanayasa, Anggota DPRD Kab. Karangasem dari Partai NasDem. (foto ist)

KARANGASEM – DewanNews.com | Langkah Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh mendeklarasikan  Anies Baswedan sebagai bakal calon Presiden RI yang diusung Partai NasDem pada Pilpres  2024, Senin (3/10/22) dinilai Sujanayasa sebagai langkah kemenangan bagi NasDem dan pluralis.

Sujanayasa yang saat ini duduk sebagai anggota DPRD Kabupaten Karangasem menyampaikan bahwa keputusan Ketua Umum Partai NasDem tersebut membuktikan konsistensi Surya Paloh dalam memperjuangkan nilai persatuan Indonesia berdasarkan Kebhinnekaan.

“Kami teringat 4 Desember 2016 lalu disaat kami diperintahkan oleh Ketua Umum untuk berangkat ke Jakarta dalam rangka mendukung Aksi Kita Indonesia untuk menunjukkan soliditas kita sebagai anak bangsa dalam mendukung Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika,” kenang Sujayanasa politisi asal Desa Sangkan Gunung, Kecamatan Sidemen, Karangasem ini.

Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Karangasem yang memiliki nama lengkap I Kadek Sujanayasa ini kemudian memamaparkan saat itu NasDem Bali mengirimkan 5000 kader dengan mengendarai ratusan bus dan beberapa truk yang membawa ogoh-ogoh burung garuda dan berbagai alat kesenian khas Bali untuk diarak dalam pawai kebhinekaan.

“Kesediaan Anies Baswedan untuk dideklarasikan oleh Partai NasDem sebagai calon  dalam pilpres 2024 menjadi simbol kemenangan NasDem dalam memperjuangkan pluralisme,” ujar Sujanayasa, kemudian lanjutnya,”ini langkah besar Surya Paloh dalam upaya mencegah kemungkinan kembali adanya polarisasi dalam Pilpres 2024. Langkah ini tak beda jauh seperti Presiden Jokowi dalam merangkul Prabowo yang menjadi rivalnya dalam Pilpres 2019″.

Menurut Sujanayasa, yang dipercaya menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Hubungan Organisasi Sayap dan Badan DPW NasDem Bali ini, sosok pluralis dalam diri Anies Baswedan telah teruji sepanjang kepemimpinannya sebagai Gubernur DKI Jakarta.  Seperti yang pernah disampaikan oleh Ketua Suka Duka Hindu Dharma, I Made Sudarta yang mengapresiasi sikap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terhadap umat Hindu di Ibu Kota.

Baca Juga:  Breeze through 17 locations in Europe in this breathtaking video

Selama 10 kali DKI Jakarta dipimpin gubernur berbeda, atau sejak era Tjokropranolo, baru masa Anies Baswedan yang sangat memperhatikan umat Hindu. Salah satunya adalah Anies menyiapkan mesin kremasi untuk umat Hindu di Jakarta. Anies pun dikatakan  pernah menyempatkan diri mengunjungi Pura Aditya Jaya, Rawa Mangun  dan menghadiri rangkaian upacara menjelang hari raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944.

“Kita sudah lelah selama ini larut dalam hiruk pikuk saling hujat sesama anak bangsa hanya gara-gara perbedaan pilihan politik. Perbedaan semakin dipertajam dengan adanya  praktek politik identitas. Kami yakin dan mendukung sepenuhnya kebijakan Ketua Umum untuk mewujudkan rekonsiliasi nasional, menyatukan kembali masyarakat yang sebelumnya terkotak-kotak untuk mewujudkan persatuan Indonesia”, ucap Sujanayasa dengan mantap. (red)

 

error: Content is protected !!