21/02/2024
21/02/2024

FKIK Unwar Siap Terima 250 Orang Calon Mahasiswa Baru

 FKIK Unwar Siap Terima 250 Orang Calon Mahasiswa Baru

Denpasar (Dewannews.com) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa (FKIK Unwar) pada Tahun Akademik 2024/2025 akan menerima sebanyak 250 orang mahasiswa baru. Jumlah ini meningkat dibandingkan kuota penerimaan mahasiswa baru tahun akademik sebelumnya yang hanya 180 orang. Meningkatnya kuota penerimaan mahasiswa baru tahun ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, FKIK Unwar sudah terakreditasi A sejak tahun 2022. Sehingga, FKIK Unwar diijinkan menerima 250 orang mahasiswa baru tahun 2024 ini,

Untuk memenuhi kuota tersebut, FKIK Unwar mulai membuka pra penerimaan mahasiswa baru (penmaru) Tahun Akademik 2024/2025 dari 25 – 31 Januari 2024. Bagi calon mahasiswa yang mendaftar pada pra penmaru ini, diberikan potongan biaya pendaftaran sebesar 50 persen.

Dekan FKIK Unwar, dr. Made Indra Wijaya, MARS.,PhD.,FISQua., mengatakan sejatinya sejak dua tahun lalu FKIK Unwar telah diizinkan menerima mahasiswa sebanyak 250 per angkatan. Namun untuk menjaga kualitas, pihaknya memilih mematangkan sarana prasarana hingga benar-benar siap. Sehingga, tahun ini FKIK Unwar siap menerima 250 orang mahasiswa baru.

Baca Juga:  Unwar Gelar Wisuda Ke-73, Untuk Pertama Kalinya Meluluskan Doktor dan Diploma

Dekan berharap, serapan mahasiswa baru FKIK Unwar datang dari seluruh provinsi, bahkan negara-negara tetangga. Mengingat posisi Unwar berada di Bali yang notabene destinasi pariwisata dunia. Calon mahasiswa dari luar Bali, menurut dia, tidak perlu canggung. Pasalnya, sejak didirikan 15 tahun lalu, FKIK Unwar telah menyerap mahasiswa dari seluruh provinsi di tanah air.

Terkait mutu, Indra menegaskan, perolehan akreditasi A atau setara Unggul yang disandang dua prodi sudah menjadi jawaban secara otomatis. “Prestasi nasional dan internasional berhasil kami dapatkan. Begitu juga soal pengabdian kepada masyarakat kami sudah internasional, menyasar lokasi di Timor Leste dan Singapura,” ujarnya, sembari menginformasikan pihaknya juga menyiapkan beasiswa bagi calon mahasiswa.

Mengenai Uji Kompetisi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMMPD), lanjut dia, mahasiswa FKIK Unwar pernah mencatatkan rekor lulus 100 persen, paling rendah 90 persen. Ini merupakan prestasi membanggakan bagi setiap fakultas kedokteran. Terkait sebaran lulusan FKIK Unwar, dikatakan sudah terserap di seluruh Indonesia. Bahkan, ada alumninya yang akan bekerja di Rumah Sakit Internasional Bali yang sedang dibangun di kawasan Sanur, Denpasar. “Kami berharap lulusan mengambil peluang di luar Bali untuk menimba pengalaman,” harap Indra.

Baca Juga:  Atasi Permasalahan Sampah, Mahasiswa Agro Unwar Lakukan Pengomposan

Rektor Unwar, Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP., mengatakan dari segi sarana prasarana dan SDM FKIK Unwar telah memadai. Pasalnya, hal ini telah diantisipasi Unwar sejak setahun terakhir. Sehingga, tahun akademik 2024/2025 ini FKIK Unwar siap menyambut sebanyak 250 orang mahasiswa baru. Oleh karena itu, FKIK Unwar mulai membuka pra Penmaru untuk menggaet calon mahasiswa baru. Tidak saja untuk lulusan SMA/SMK di Bali, namun lulusan SMA/SMK di luar Bali bahkan di luar negeri diajak untuk bergabung di FKIK Unwar.

“Para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang perkuliahan di FKIK Unwar kami persilakan untuk mendaftar, karena kami membuka pra Penmaru hingga 31 Januari 2024. Pada masa pra penmaru ini, calon mahasiswa diberikan potongan biaya pendaftaran sebesar 50 persen,” tandas Prof. Pandit.

Prof. Pandit, mengungkapkan dari segi sarana prasarana FKIK Unwar telah memadai dan menyiapkan kelas A dan kelas B. Setiap kelas berjumlah 125 orang. Sehingga dari segi ruang kelas tidak ada kendala. Begitu juga dengan SDM tenaga pengajar (dosen). FKIK Unwar telah menyiapkan kualifikasi dosen yang memenuhi persyaratan. Begitu juga dengan tenaga pendidikan telah disiapkan dengan matang. Sehingga tidak ada mahasiswa yang tidak terlayani. Tidak hanya itu, sarana laboratorium yang refresentatif juga telah dimiliki FKIK Unwar.

 

“Kami siap menyambut calon-calon mahasiswa baru, khususnya dari lulusan SMA/SMK baik yang ada di Bali, di luar Bali, bahkan tidak menutup kemungkinan dari Malaysia yang ingin melanjutkan perkualihan di Bali. Karena selain FKIK terakreditasi A, Bali juga sebagai destinasi wisata dunia, sehingga mahasiswa luar negeri ingin melanjutkan pendidikan di Unwar,” pungkasnya.

Sepanjang tahun 2023, sebanyak 51 prestasi diraih oleh mahasiswa FKIK Unwar. Terdiri dari 41 prestasi dibidang akademik dan 10 prestasi di bidang non akademik. (jk/r)

error: Content is protected !!