22/02/2024
22/02/2024

Kegiatan Sosialisasi Program Pengawasan Dan Pemanfaatan Laut Berkelanjutan

 Kegiatan Sosialisasi Program Pengawasan Dan Pemanfaatan Laut Berkelanjutan

LARANTUKA-Dewannews.com|
Larantuka,12 Mei 2023 hari ini diadakan sosialisasi pengawasan dan pemanfaatan laut berkelanjutan kegiatan ini dihadiri oleh masyarakat desa Kalike Aimatan,adapun dari unsur BPD , Karang Taruna, PKK, kelompok Nelayan Laskar Bahari, Tokoh Pendidikan , LSM Yayasan Ile Boleng ,dan perwakilan dari tokoh adat.Kegiatan ini di buka langsung oleh Bapak Camat Solor Selatan Yosep Damian Klodor S.sos

Dalam sambutannya Wakil Ketua BPD Kalike Aimatan Agustinus Koponglayo Kroon menyampaikan bahwa masyarakat serta pemerintahan desa sangat mendukung Program ini, Babinsa Kec.Solor Selatan selaku pemantau kegiatan,lalu ada pak Mansur Saleh dari Kantor Cab.Dinas Perikanan Prov NTT dengan materi seputar fungsi pengawasan, kawasan konservasi, penyebab kerusakan terumbu karang, alat tangkap tidak ramah lingkungan, pengelolaan kawasan pesisir, kerusakan mangrove, pencemaran limbah, perijinan kapal tangkap, kebijakan terkait rumpon.

Baca Juga:  Perempuan Pejuang Paulina Lena Labina Siap Rebut Kursi DPRD 2024 dari Partai PKN

Terkait penindakan nelayan nakal adalah kewenangan Pol Air dan TNI AL , sedangkan Dinas Perikanan Provinsi lebih pada fungsi pengawasan.

Dalam sambutan Camat Solor Selatan menyampaikan bahwa masih ada tindakan pengeboman di wilayah pesisir Solor Selatan namun intensitas nya tidak masif seperti waktu- waktu sebelumnya. beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan seperti penggunaan bius ikan dengan tuba/plea /kula dlm bahasa lokal dan tuba juga sudah dilarang.

Baca Juga:  Aksi Berbagi Kasih TBM Palo Porong Kolidatang

Kejadian pengeboman baru terjadi kurang lebih 3 minggu lalu bahkan di sekitar lokasi Bubu milik warga . Bapak camat juga menyarankan ke masyarakat jika ada tindakan pengeboman sebaiknya di dokumentasikan sehingga ada bukti seperti nama kapal pelaku. Menurut pak Camat ikan tangkapan dengan menggunakan bom beda misalnya tulang ikan patah. Di akhir sambutan pak Camat juga mengapresiasi program YPPS dan mendukung program karena manfaat nya.

Setelah Sambutan, kegiatan sosialisasi diisi dengan presentasi program dari tim YPPS yang di Fasilitasi oleh pak Thomas Meti Hadjon dan ibu Nisyah Tukan sebagai moderator nya , yang menggambarkan latar belakang program, kegiatan program dan tujuan program.

Baca Juga:  TAKENUSA Resmi Diluncurkan di Flores Timur, Dukung Pemerintah Turunkan Angka Kematian Ibu

Adapun sambutan dari Kantor Cabang Dinas Perikanan Provinsi NTT yang diwakili oleh BPK. Mansur Saleh. Dengan materi sekitar fungsi pengawasan pada Dinas, kewenangan penindakan dan penyidikan yang ada pada Pol Air dan TNI AL. Pembuatan dan Mekanisme Perijinan Kapal Tangkap Nelayan. Fungsi pengawasan yang lebih pada pelaku usaha perikanan seperti Perijinan dan jenjang penerbitan.(Elen Labina)

error: Content is protected !!