01/12/2023
01/12/2023

KPU Bali Tetapkan DCT DPD dan DORD Provinsi Bali

 KPU Bali Tetapkan DCT DPD dan DORD Provinsi Bali

Denpasar – Dewannews.com KPU Provinsi Bali telah menetapkan Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Provinsi Bali pada tanggal 3 November 2023. Daftar Calon Tetap Anggota DPRD memuat nomor urut Partai Politik Peserta Pemilu, nama Partai Politik Peserta Pemilu, tanda gambar Partai Politik Peserta Pemilu, nomor urut calon, foto diri terbaru calon, nama lengkap calon, jenis kelamin, dan kabupaten/kota tempat tinggal calon.

Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 10 Tahun 2023 tentang Pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota, KPU Provinsi Bali akan mengumumkan DCT pada tanggal 4 November 2023.

Penetapan DCT DPRD Provinsi Bali akan diumumkan kepada publik melalui laman media massa cetak, media massa elektronik dan media sosial resmi KPU Provinsi Bali. Adanya publikasi mengenai calon legislatif yang akan berkompetesi pada kontestasi Pemilihan Umum Tahun 2024 ini, diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya.

Baca Juga:  Sasar Pemilih Pemula, Pemkot Denpasar Bersama KPU dan Bawaslu Gelar Sosialisasi Pendidikan Politik¬†

Jumlah calon Anggota DPRD Provinsi Bali yang ditetapkan dalam DCT Anggota DPRD Provinsi Bali berdasarkan Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bali Nomor 122 Tahun 2023 tentang Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Provinsi Bali dalam Pemilihan Umum Tahun 2024 sebanyak 554 calon dengan jumlah calon laki-laki sebanyak 348 dan calon perempuan sebanyak 206 calon dari 18 (delapan belas) partai politik peserta pemilu.

Terjadi pengurangan jumlah calon dalam DCT dari jumlah calon yang ditetapkan sebelumnya dalam DCS. Bakal calon yang awalnya berjumlah 560 calon pada DCS berkurang menjadi 554 calon pada DCT. Pengurangan jumlah calon tersebut diakibatkan oleh adanya bakal calon yang meninggal dunia dan juga mengundurkan diri sebagai calon pada masa pencermatan DCT.

Pada waktu yang sama Daftar Calon Tetap Anggota DPD juga ditetapkan oleh KPU RI yang memuat nomor urut calon, foto diri terbaru calon, nama lengkap calon, jenis kelamin, dan kabupaten/kota tempat tinggal calon. Jumlah calon DPD Provinsi Bali tidak mengalami perubahan pada penetapan DCT yakni sejumlah 17 calon DPD. (jk)

 

error: Content is protected !!