23/02/2024
23/02/2024

Menari Telanjang di Gunung Batur, WN Kanada Diamankan

 Menari Telanjang di Gunung Batur, WN Kanada Diamankan

DENPASAR-Dewannews.com|Warga negara Kanada bernama Jeffry Douglas Craigen (34) yang membuat video tanpa mengenakan pakaian alias telanjang, akhirnya diamankan petugas Imigrasi.

Kakanwil KemenkumHAM Bali Jamaruli Manihuruk mengatakan, dari hasil pemeriksaan, warga asing ini mengakui bahwa video yang membuat heboh masyarakat tersebut adalah dirinya. Video itu ia buat pada pertengahan bulan April 2022.

Bule tersebut juga mengaku tidak mengetahui bahwa Gunung Batur merupakan tempat yang disucikan di Bali.

“Yang bersangkutan mengaku tidak bermaksud untuk tidak menghormati budaya Bali, karena motif yang bersangkutan dalam membuat film hanyalah sekedar mengekspresikan dengan menari tarian HAKA dari Selandia Baru,” kata Jamaruli, Senin (25/4/2022).

Jeffrey Douglas Craign alias JDC masuk pertama kali ke Indonesia pada tahun 2018 dan yang kedua pada akhir tahun 2019.

Pemegang Izin Tinggal Kunjungan yang berlaku sampai dengan 24 Mei 2022 tersebut, saat ini tinggal sementara di Punija Made Jungle, Desa Keliki, Tegallalang, Gianyar.

Ia ke Indonesia mengunjungi beberapa kota seperti Malang, Lombok dan Bali. Di Bali selain berselancar, berlibur serta menikmati keindahan alam, warga asing ini juga mencari pengobatan alternatif terakait penyakit osteoporosis.

“Yang bersangkutan memenuhi kebutuhan sehari-hari dari bekerja di Kanada sebagai aktor di kanal Netflix, pengisi suara di film animasi dan membintangi iklan komersil, serta penyembuhan secara psikologis secara online,” jelasnya.

Jamaruli mengatakan, Jeffrey Douglas Craign terbukti melakukan pelanggaran maka akan diberikan tindakan administratif Keimigrasian berupa pendeportasian dan namanya dimasukan dalam daftar cekal.

“Saat ini yang bersangkutan telah ditahan di ruang Detensi Kantor Imigrasi Denpasar,” jelasnya.(sar)

Baca Juga:  Pelaku Curanmor di Depan SMK Prasanthi Nilayam Diciduk
error: Content is protected !!