21/02/2024
21/02/2024

Pengurus Agupena Flotim Dilantik, Ini Pesan dari Pengurus Baru

 Pengurus Agupena Flotim Dilantik, Ini Pesan dari Pengurus Baru

FLOTIM-Dewannews.com|Asosiasi Guru Penulis Indonesia yang disingkat AGUPENA, merupakan sebuah organisasi yang melingkupi para guru yang memiliki minat dalam menulis.

Dengan menjadi bagian dari organisasi ini, seorang guru ditempah untuk mengembangkan kompetensi sebagai penulis yang handal, yang mana akan berdampak untuk kinerjanya sebagai guru serta lingkup kehidupan masyarakat luas. Adapun jajaran hierarkis organisasi ini adalah AGUPENA Nasional (Pusat), Agupena Wilayah Provinsi, dan Agupena Cabang Daerah.

Secara nasional organisasi ini telah berusia 17 Tahun, sedangkan khusus untuk Provinsi NTT dan Kabupaten Flores Timur baru memijak usia yang ke-9 Tahun. Kehadiran Agupena di bumi Flores Timur tak lepas dari perjuangan seorang guru Maksimus Masan Kian (Ketua PGRI Flotim sekarang) sebagai perintis pertama beserta dengan rekan-rekannya kalah itu.

Baca Juga:  Di Flores Timu,Para Nakes Puskesmas Ini Gelar Minilog Di Garasi Mobil Ambulance,Layani Pasien Di Lorong-Lorong

Sejak kehadiran organisasi ini di bumi Flotim, Maksimus Masan kian terpilih menjadi ketua organisasi ini selama dua periode berturut-turut. Setelah masa kepemimpinan beliau usai maka estafet selanjutnya diserahkan kepada guru Mohammad Shole Kadir yang juga punya andil dalam membesarkan organisasi ini.

Tak dapat dipungkiri bahwa sejak berdirinya organisasi ini di bumi Flotim hingga kini, sejarah mencatat bahwa banyak sekali andil perannya dalam mengusahakan kemajuan Lamaholot Flotim di berbagai aspek termasuk pendidikan, melalui ujung pena guru yang terus bersuara menentukan perubahan dalam kehidupan bersama.

Tak lupa, melalui organisasi ini juga telah banyak melahirkan tokoh-tokoh pemimpin di bidang pendidikan.Kaderisasi kepengurusan organisasi ini dilaksanakan selama tiga tahun sekali. Pada tanggal 23 Desember 2023 kemarin telah dilaksanakan Muscab-3 Agupena Flotim, dan akhirnya terpilih jajaran kepengurusan baru periode 2024-2027.

Baca Juga:  Penjabat Bupati Doris Alexander Rihi Membuka Dengan Resmi Peroyek TAKENUSA

Kepengurusan baru organisasi ini dipimpin oleh guru Agussalim Bebe Kewa (ketua), Tobias Tobi Ruron (Waket), Thomas Are (Skretaris), Agustinus Tokan (Waksek), Alfonsius Sina Hurit (Bendahara), serta para koordinator setiap bidang dan anggota.

Pengurus yang terpilih ini pun dilantik dan dikukuhkan oleh ketua Agupena Wilayah Provinsi NTT (Thomas Akaraya Sogen, S.Pd,MBA) pada hari ini, Hari/Tanggal; Sabtu/13 Januari 2024, Wkt; Pkl. 15.30 wita-selesai, Tempat: Aula SMK Sura Dewa Larantuka.

Dalam sambutannya, ketua Agupena Wilayah Provinsi NTT menggagasi beberapa point yang dipetik yakni; “Nama organisasi ini Agupena. Tugas kita adalah menulis. Tidak ada anggota Agupena yang berhenti menulis, apalagi pengurusnya,” ujarnya.

Baca Juga:  Perempuan Pejuang Paulina Lena Labina Siap Rebut Kursi DPRD 2024 dari Partai PKN

Namun demikan, kata dia dalam ke pengurusan harus ada evaluasi internal pengurus di akhir tahun minimal satu tulisan yang dihasil setiap tahun, apapun jenisnya, dipublikasikan atau tidak. Kalau sudah bergerak (meminjam istilah program tren dunia Pendidikan kita saat ini) menulis, lalu bisa menggerakkan orang lain untuk menulis, maka pada akhirnya semua guru akan terlibat dalam gerakan menulis sehingga program literasi akan terus bergeliat dan terus menggelora sepanjang zaman,” lanjutnya.

Lebih lanjut beliau berpesan kepada kepengurusan yang baru untuk tetap solid dan bekerja-sama dalam menyukseskan setiap program yang telah dirancang. Senada dengan sambutan bapak ketua Agupena Wilayah Provinsi NTT, ketua Agupena Cabang Flores Timur Agussalim Bebe Kewa pun menyampaikan komitmen untuk setia mengembani tugas ini dalam bingkai kolaborasi dengan segenap jajaran kepengurusan Agupena Flores Timur./*Paulina Helen Labina

error: Content is protected !!