24/04/2024
24/04/2024

Rektor Unwar Kukuhkan Prof. Wisnumurti Sebagai Guru Besar Tetap Ilmu Administrasi Publik

 Rektor Unwar Kukuhkan Prof. Wisnumurti Sebagai Guru Besar Tetap Ilmu Administrasi Publik

Denpasar – DewanNews.com Universitas Warmadewa (Unwar) kembali melahirkan seorang Guru Besar Tetap. Kali ini Unwar melahirkan seorang Guru Besar Tetap Bidang Ilmu Administrasi Publik, Prof. Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si. Selain sebagai dosen Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unwar, Prof. Wisnumurti merupakan Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali sebagai lembaga penyelenggara pendidikan tinggi Unwar.

Pengukuhan Guru Besar Prof. Wisnumurti dilakukan langsung oleh Rektor Unwar, Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP., di Auditorium Widya Sabha Uttama Unwar, Sabtu (14/10/2923). Dengan dikukuhnya Prof. Wisnumurti, kini Unwar memiliki 22 orang Guru Besar Tetap.

Baca Juga:  Tim PKM Fakultas Sastra Unwar Berikan Pelatihan Bahasa Inggris Intensive dan Extensive Reading kepada Siswa SMA N 1 Penebel

Pengukuhan dihadiri oleh Ketua LLDIKTI Wilayah VIII, Ketua Umum ABPTSI Pusat, Ketua APTISI Bali, Pembina, Pengawasan dan Pengurus Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Senat Unwar, Guru Besar undangan dari PT luar Unwar, keluarga dan kerabat, serta para undangan lainnya.

Pada pengukuhan ini, Prof. Wisnumurti membawakan Orasi Ilmiah berjudul “Pemaknaan Kritis Ilmu Administrasi Publik: Diskursus Pengetahuan Lokal dalam Tata Kelola Kebijakan Publik”.

Rektor Unwar, Prof. Suranaya Pandit, mengaku bangga dan berbahagia karena Unwar terus melahirkan Guru Besar diusianya yang baru-baru ini menginjak usia 39 tahun. Tahun 2023 ini, Unwar telah mengukuhkan 4 orang Guru Besar. Dan Prof. Wisnumurti merupakan Guru Besar keempat yang dikukuhkan pada tahun 2023 ini. Sehingga, kini Unwar telah memiliki 22 orang Guru Besar. Namun, jumlah ini masih sedikit sehingga tahun 2024 mendatang, pihaknya mendorong dan menyiapkan dosen-dosen yang telah memenuhi syarat untuk bisa dikukuhkan sebagai guru besar. Dengan demikian, semakin banyak guru besar yang lahir di Unwar akan membawa Unwar lebih bermutu dan Go South East Asia tahun 2026 untuk mewujudkan berdaya saing global tahun 2034.

Baca Juga:  Kasus KDRT, Oknum Dokter di Denpasar Dituntut 1 Bulan Penjara

Prof. Wisnumurti, mengaku bersyukur karena telah berhasil meraih jabatan akademik tertingginya sebagai guru besar, sebab untuk mencapai gelar ini tidak semudah membalikkan telapak tangan namun ada proses tahapan yang dilalui dan dijalankan yang erat kaitannya dengan bidang ilmu yang ditekuni. “Kebetulan saya fokus pada ilmu administrasi publik, utamanya dibidang kebijakan publik, dan aktivitas saya baik itu dalam proses pembelajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan aktivitas sosial diluar kampus selalu berkaitan dengan bidang ilmu saya, sehingga inilah sesungguhnya yang menjadi faktor yang sangat membantu saya ada pada titik ini,” ujar Prof. Wisnumurti.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Drs. I Nyoman Yasa, M.Si., mengucapkan selamat atas raihan gelar akademik tertinggi yang telah diraih Prof. Wisnumurti. Dengan gelar guru besarnya ini, akan semakin membawa Unwar jauh lebih baik ke depan. Apalagi dengan berbagai pengalaman yang luas dimiliki, Prof. Wisnumurti telah terbukti membawa Unwar yang merupakan salah satu unik pelaksana kerja (UPK) Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali tambah maju. “Mudah-mudahan ke depan kemajuan yang telah kita capai ini terus akan meningkat. Saya optimis itu, dengan kemampuan beliau (Prof. Wisnumurti) memimpin yayasan selama 2 kali periode ini sudah jelas kelihatan bahwa UPK-UPK dibawah yayasan semakin tahun semakin maju. Itu saya bangga dengan kepemimpinan beliau,” tahdasnya.

Baca Juga:  Pemberdayaan Remaja dalam Penganggulangan Sampah di Desa Buduk, Badung

Kepala LLDIKTI Wilayah VIII, Dr. Ir. Gusti Lanang Bagus Eratodi, S.T., M.T., IPU., ASEAN. Eng., mengatakan bahwa Prof. Wisnumurti merupakan sosok yang sangat dinamis dan komplit dengan berbagai pengalamannya dari segala bidang. Tidak hanya bidang keilmuannya, namun juga pengalaman berorganisasinya yang menunjang keilmuannya. Terutama dibidang politik, karena pernah sebagai Ketua KPU Bali. Dengan berbagai pengalamannya itu, Prof. Wisnumurti layak menjadi guru besar bidang ilmu administrasi publik. (jk)

error: Content is protected !!