24/04/2024
24/04/2024

TAKENUSA Resmi Diluncurkan di Flores Timur, Dukung Pemerintah Turunkan Angka Kematian Ibu

 TAKENUSA Resmi Diluncurkan di Flores Timur, Dukung Pemerintah Turunkan Angka Kematian Ibu

FLOTIM-Dewannews.com|Proyek TAKENUSA (Tekad Bersama untuk Kesehatan Perempuan Nusa Tenggara Timur) telah resmi diluncurkan di Kabupaten Flores Timur pada 7 November 2023. Proyek empat tahun yang diinisiasi oleh Yayasan Inisiatif Perubahan Akses Menuju Sehat (IPAS) Indonesia ini bertujuan untuk mendukung upaya Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI).

Secara khusus, TAKENUSA bertujuan untuk memperkuat penyelenggaraan layanan Asuhan Pasca Keguguran (APK) Komprehensif, peningkatan akses kepada layanan Keluarga Berencana (KB) yang berbasis kepada hak, serta penyediaan informasi, akses dan edukasi kesehatan reproduksi yang sesuai dengan kebutuhan perempuan dan remaja perempuan. Proyek ini bekerja sama dengan dinas terkait dan fasilitas kesehatan tingkat primer dan sekunder serta Lembaga Swadaya Masyarakat untuk memperkuat kader di masyarakat.

Baca Juga:  DPRD Flores Timur Kembali “Sergap“ Fisik Pembangunan Puskesmas Ritaebang,Kontraktor Pelaksana Tetap Santai

Mewakili Yayasan IPAS Indonesia, dr. Eliza Permatasari, Health System Strenghtening Advisor, menyampaikan apresiasi kepada Pemda Kabupaten Flores Timur yang telah menyambut Proyek TAKENUSA dengan baik.

Ia mengatakan, model kerja lintas sektor yang akan digunakan oleh proyek ini diharapkan dapat memperkuat struktur dan mekanisme yang sudah ada di Kabupaten Flores Timur untuk merespons tantangan penurunan AKI yang kemudian dapat berkontribusi kepada kualitas generasi muda yang sehat dan bebas stunting.

Baca Juga:  Di Flores Timu,Para Nakes Puskesmas Ini Gelar Minilog Di Garasi Mobil Ambulance,Layani Pasien Di Lorong-Lorong

“Harapan dari Yayasan IPAS Indonesia, proyek TAKENUSA yang akan berjalan empat tahun ke depan, mendapat dukungan dan kerja sama dari Pemda, Dinas Kesehatan dan dinas lainnya, Camat, kepala Puskesmas, kepala desa, serta komunitas terkait.

Dengan demikian perempuan dan remaja perempuan mendapatkan informasi, edukasi dan ketrampilan untuk menggunakan layanan kesehatan reproduksi yang berkualitas dan terpercaya,” ujar dokter Eliza dalam sambutannya di Aula Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan budaya Pengembangan Daerah Kabupaten Flores Timur, Selasa (7/10/2023).*/Joe

error: Content is protected !!