23/02/2024
23/02/2024

Tekan Kasus DBD, Puskesmas III  Densel Rutin Gelar PSN

 Tekan Kasus DBD, Puskesmas III  Densel Rutin Gelar PSN

DBD-Petugas PSN Puskesmas III Denpasar Selatan sedang melakukan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk.Foto/Ist

DENPASAR-Dewannews.com|Dalam upaya pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) semakin meluas, Puskesmas III  Denpasar Selatan  secara rutin  melaksanakan  Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di wilayahnya.

Kali ini PSN dilaksanakan di  Banjar Sakah Desa Pemogan Kecamatan Denpasar Selatan Rabu (15/2/2023).

Baca Juga:  Tiga Hari Dicari, Pemancing yang Hilang di Benoa Ditemukan Tewas

Kepala UPTD Puskesmas III Dinas Kesehatan Kecamatan Denpasar Selatan drg. Putu Judy Setyawati Sudarmo mengatakan, dalam kegiatan kali ini ditemukan jentik pada pot tanaman air, ban bekas,  dan bak mandi.

Untuk tindak lanjut langsung mengedukasi pemilik rumah untuk membersihkan rumah dan halaman secara teratur dan pemberian bubuk abate. “Hal itu harus dilakukan  karena kasus DBD di Kota Denpasar mengalami peningatakan,” kata drg. Putu Judy Setyawati Sudarmo.

Baca Juga:  Tuntutan Dipangkas Hakim, Jaksa Kasus Korupsi LPD Desa Adat Serangan Ajukan Bading

Menurutnya edukasi tersebut langsung diberikan oleh petugas jumantik. Dalam edukasi yang diberikan adalah  cara   mengatasi DBD  dengan 3M (Menguras, Menutup, dan Mendaur ulang) dan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

Memasuki pergantian cuaca, maka pihaknya mengimbau masyarakat untuk melakukan pencegahan penyakit DBD dan meningkatkan kebersihan lingkungan masing-masing.

Baca Juga:  Terseret Mobil, Kulit Kepala Pria Asal Sidoarjo Robek

Lebih lanjut dikatakan, pada musim hujan ada beberapa tempat yang jadi sarang nyamuk di antaranya penampungan air hujan dan sumber genangan di sekeliling rumah, seperti ban, kaleng, botol bekas, cekungan batang kayu, tempurung kelapa, ataupun talang yang tersumbat.

Nyamuk Aedes Agypti dapat menggigit manusia saat beraktivitas di dalam rumah, gedung, sekolah, atau di ruang tertutup lainnya. Nyamuk akan suka di tempat yang lembab, gelap, gantungan pakaian, serta tumpukan barang lainnya.

Baca Juga:  Samuel Akan Antar Mr. Ron ke Polda Bali Setelah Ada Kepastian Hukum Pra Peradilan

Meningkatnya populasi nyamuk Aedes Aegypti menurut  drg. Putu Judy Setyawati  upaya paling efektif untuk mencegah DBD dengan melakukan gerakan 3M untuk bak mandi, barang-barang bekas dan lainnya secara serentak.

Upaya pencegahan lainnya antara lain dengan menanam tanaman pengusir nyamuk, memelihara ikan pemakan jentik, memasang kasa nyamuk, menggunakan kelambu, menggunakan lotion anti nyamuk, menghindari menumpuk barang-barang dan menggantung pakaian karena akan menjadi sarang nyamuk.

Baca Juga:  Sejoli Pemeran Video Mesum di Mobil Dituntut 2 Tahun Penjara

Untuk terus menguatkan pencegahan dan pengendalian penyakit DBD pihaknya akan terus menggiatkan penyuluhan  melalui Jumantik di masing masing banjar. (Hms)

error: Content is protected !!