23/02/2024
23/02/2024

Tim Pengabdian Masyarakat Warmadewa Hibah dikti 2023 Latih Kelompok Wanita Tani Sumber Rejeki

 Tim Pengabdian Masyarakat Warmadewa Hibah dikti 2023 Latih Kelompok Wanita Tani Sumber Rejeki

Denpasar – Dewannews.com Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Warmadewa, Denpasar, melakukan aksi pengabdian masyarakat ke kelompok wanita tani Sumber Rejeki Banjar Cengkilung, Peguyangan Denpasar Timur. Kegiatan berupa pelatihan pembuatan telur lablabyah, sosis ayam dan Pentingnya Kemasan Dalam Pemasaran Produk olahan tradisional bali, Minggu (27/08/2023).

Pelatihan oleh mahasiswa dari prodi peternakan dan Ilmu teknologi Pangan Universitas warmadewa diketuai oleh Dr. Ir. Ni Made Ayu Gemuh Rasa Astiti, MP,. didampingi anggota tim  Ir Ni Made Yudiastari, M.Si dan Ir Anak Agung Made Semaryani, M.Si.

Ayu Gemuh Rasa Astiti berharap, pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan kelompok wanita tani dalam memproduksi produk olahan pangan tradisional seperti telur lablabnyah dan sosis yang biasanya terbuat dari daging babi, kini diproduksi sosis dari daging ayam dengan bumbu khas balinya yaitu dengan bumbu genap yang dirajang. Sehingga varian dari produk pangan tradisional bertambah banyak serta dapat dikonsumsi oleh seluruh umat yang berada di bumi Indonesia. Dimana produk olahan pangan tradisionl bali sebagaian besar bersumber dari Babi. Dimana diketahui ada beberapa umat yang tidak boleh mengkonsumsi daging babi sehingga peluang pemasaran produk semakin sempit.

Baca Juga:  Unwar gelar Workshop Penerjemahan Abstrak Tahun 2023

“Untuk meningkatkan jiwa enterpreneurship dari kelompok wanita tani perlu pelatihan diantaranya bagaimana mengkemas produk  olahan pangan sehingga mempunyai nilai tawar yang tinggi” jelasnya.

Dengan kemasan yang menarik dan adanya labeling yang menjelaskan isi atau kandungan dari produk, kegunaan produk, lokasi dari produk serta adanya sertifikasi dari produk akan mampu menarik konsumen. Dimana Hukum ekonomi menjelaskan bahwa semakin populer produk sehingga semakin banyak peminat maka semakin besar keuntungan yang akan diperoleh. Disamping kemasan yang menarik tentunya tidak lepas dari bahan didalam memilih kemasan disesuaikan dengan produknya.  

Selain pelatihan, Tim juga memberikan sumbangan berupa baju kaos, celemek, tutup kepala untuk seluruh anggota kelompok, alat kemasan serta Food Vacum untuk memvacum produk yang dihasilkan sehingga bisa bertahan lebih lama. didalam pemasaran, penampilan pedagang atau produsen memegang peran yang sangat penting, pembeli bertambah yakin kalau pedagangnya rapi, bersih, sopan.

Baca Juga:  FKIK Unwar Siap Terima 250 Orang Calon Mahasiswa Baru

“Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini merupakan salah satu pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi. Dimana seorang dosen tidak hanya dituntut untuk mengajar di kampus, serta meneliti tetapi harus mengaplikasikan hasil penelitian ke masyarakat melalui pengabdian masyarakat,” imbuh Ayu Gemuh. Pihaknya pun berharap akan ada sinergi kemitraan antara perguruan tinggi dengan masyarakat.

Acara ini dihadiri oleh kurang lebih sejumlah 40 orang. Ketua kelompok wanita tani Sumber Rejeki, Wayan Murni mengucapkan terimakasih kepada Universitas Warmadewa yang sudah mengedukasi kelompoknya, sehingga kelompoknya mampu memproduksi telur lablabnyah dan sosis ayam dengan baik serta mengetahui bahwa kemasan itu sangat penting didalam penjualan produk olahan yang dihasilkan. dan Wayan Murni berharap agar pengabdian ini bisa dilanjutkan dengan teknik dan cara pemasaran produk pangan tradisional Bali secara on line. (jk)

error: Content is protected !!