13/04/2024
13/04/2024

TBM Palo Porong Kolidatang Luanching Program Literisasi “BBI”

 TBM Palo Porong Kolidatang Luanching Program Literisasi “BBI”

FLOTIM-Dewannews.com|Komunitas TBM ‘Taman Baca Masyarakat’ Palo Porong-Kolidatang (Desa Kolaka, Kecamatan Tanjung Bunga, Kabupaten Flores Timur) sejak tahun 2019 hingga kini terbilang aktif dan konsisten dalam giat literasi dalam kehidupan masyarakat walaupun berada di wilayah terpencil kecamatan Tanjung Bunga-Flores Timur tepatnya di Desa Kolaka.

Pada tanggal 18 Januari 2024 kemarin, TBM Palo Porong Kolidatang melaunching program literasi terbaru mereka dengan nama ” BBI: Bincang-Bincang Inspirasi” yang terhitung dimulai dari Bulan Januari-Juni 2024.

Baca Juga:  Komunitas Mawar Merona sudah Empat Tahun berkarya di Flores Timur

Berdasarkan hasil wawancara media kepada founder sekaligus fasilitator komunitas ‘Thomas Are, S.Pd (Salah satu pendidik di SMPN 3 Tanjung Bunga)’ pada hari senin/tanggal 19 Februari 2024 bertempat di Pondok Baca TBM Palo Porong, beliau memberikan penjelasan bahwa; program kegiatan ini bertujuan untuk membekali para warga belajar komunitas dengan berbagi muatan ilmu, pengalaman, serta live skill yang tentuhnya berguna bagi masa depannya dan kehidupannya.

Keunikan dari program kegiatan literasi ini adalah; narasumber tidak hanya berasal dari fasilitator komunitas semata, tetapi juga dibuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin hadir sebagai ‘guru sehari’ memberi diri dan berbagi dengan anak-anak dan remaja yang merupakan anggota TBM Palo Porong Kolidatang.

Baca Juga:  Desa Waibao Jadi Tuan Rumah Training of Trainer Fasilitator SLKL Tahun 2024

Selanjutnya beliau menjelaskan bahwa, melalui program literasi seperti ini, tentuhnya menjadi sebuah wadah dan kesempatan bagi sesama rekan muda yang memiliki semangat inovatif dan berbagi untuk mengekspresikan dirinya sebagai pemateri dalam wadah belajar komunitas TBM Palo Porong.

Yang mana semua ilmu yang dibagikan itu tentuhnya berdampak signifikan secara khususnya bagi masyarakat Desa Kolaka baik dari segi pandangan pikiran maupun praktek kehidupan nyata melalui aplikasi nilai literasi yang dimotori oleh anak-anak dan remaja peserta belajar komunitas.

Baca Juga:  Aksi Pertama Moderasi Beragama dalam Proyek P-5 SMPN 3 Tanjung Bunga

Hingga kini telah terdata sebanyak 12 tokoh dari luar wilayah (Larantuka dan sekitarnya) yang siap hadir dan berbagi, dan telah terlaksana empat sesi berbagi yang telah dijalankan. Selanjutnya sebagai informasi kepada publik bahwa, Kesempatan bagi siapa saja yang ingin menjadi pemateri ini pun masih dibuka  hingga bulan Mei 2024 mendatang.

Yang berminat boleh langsung memberikan informasi melalui akun Facebook founder ‘Thom Aresta’ ataupun melalui chat WA founder: 081239420928./Elen Labina

error: Content is protected !!